PIDATO WISUDA SARJANA KE 45 DAN MAGISTER KE 33 UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA

Assalammualaikum, Wr. Wb.

Salam Sejahtera

Om Swastiastu

Namo Budaye

Salam Kebajikan

 

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua.

Bapak Ibu Hadirin dan Wisudawan/Wati beserta Keluarga yang dirahmati Allah….

Hari ini Universitas Narotama melaksanakan Wisuda Sarjana ke 45 dan Magister ke 33. Alhamdulillah, berbagai prestasi telah diraih selama ini, antara lain Universitas Narotama berhasil meraih Akreditasi Institusi, yang merupakan akreditasi menyeluruh di tingkat universitas, dengan peringkat B (baik) sejak tahun 2014. Dari  4500 PTN dan PTS di Indonesia. Saat ini kami sedang terus mengeskalasi pencapaian menuju akreditasi institusi A. Amien.. Mohon doa dan restu Bapak Ibu hadirin sekalian. Prestasi lain yang alhamdulillah berhasil diraih Universitas Narotama diantaranya peringkat 56 terbaik secara nasional pada tahun 2016 diantara kurang lebih 4500 perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta di Indonesia, oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.  Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (KOPERTIS) Wilayah 7 Jawa Timur menganugerahkah predikat Kampus Unggul kepada Universitas Narotama atas prestasinya di bidang Tata kelola, pengajaran, riset dan kemahasiswaan dan penghargaan sebagai Good Practices Campus dari DIKTI & Eco Campus dari Pemerintah Kota Surabaya karena sistem management yang baik serta berkesadaran lingkungan.

LPPM Universitas Narotama telah berstatus Madya sehingga dipercaya pemerintah untuk mengelola dana DIKTI sebesar 2 Milyar per tahunnya untuk menginovasikan penemuan-penemuan orisinal dan mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya di bidang UMKM sebagai local genius Universitas Narotama. Tahun ini Universitas Narotama dipercaya untuk mendapatkan berbagai hibah dari Kemristek DIKTI, seperti hibah penelitian terapan unggulan perguruan tinggi, penelitian produk terapan, penelitian kerjasama antar perguruan tinggi, hibah pengabdian masyarakat,hibah pelaksanaan assessment sertifikasi profesi dari BNSP, dan masih banyak lagi.

Di ranah kemahasiswaan, Alhamdulillah prestasi yang diraih tidak kalah membanggakan. Di sektor akademik diantaranya juara MTQ mahasiswa tingkat nasional, Balsa Bridge Challenge, Accounting Debate CompetitionLomaba karya tulis ilmiah nasional, kompetisi pemikiran kritis mahasiswa, PKM-KT dll, sementara di sector non akademik diantaranya Outstanding delegate on Dili Model of United Nations, Medali Emas Sea Games 2017 cabang panahan, keikutsertaan mahasiswa dalam  Olimpiade Rio De Janeiro 2016, Islamic Solidarity Games di cabang Panahan, Pekan Olaharaga Mahasiswa Nasional cabanga olahraga kempo, Pertandingan tinju kelas amatir nasionalpemecahan Rekor Muri oleh mahasiswa serta penemuan teori Astronacci yang dipatenkan secara internasional dan masih banyak lagi.

Seluruh pencapaian diatas tidak lepas dari totalitas kerja seluruh civitas akademika Universitas Narotama dan dukungan IT sistem yang terintegrasi memungkinkan real time checking and problem solving. Perkembangan dinamis dunia digital menuntut banyak perubahan dan penyesuaian di semua bidang termasuk Pendidikan. Apalagi ditengah posisi Indonesia yang menjadi negara dengan jumlah pengguna internet terbesar se-ASEAN dengan jumlah 93,4 Juta jiwa atau sama dengan 36% dari total populasi pada tahun 2015, bahkan diperkirakan pada tahun 2018 pengguna internet di Indonesia akan mencapai 123 juta, jumlah ini mengalahkan Jepang dan membuat Indonesia termasuk dalam Top 5 Dunia. Dengan kemajuan teknologi dan dunia yang semakin borderless, sertifikasi kompetensi memiliki arti penting untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas tenaga kerja Indonesia. Sertifikasi kompetensi memastikan bahwa tenaga kerja (pemegang setifikat) tersebut terjamin akan kredibilitasnya dalam melakukan suatu pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Universitas Narotama melalui LSP di lingkup kampus, membekali mahasiswa dengan sertifikat kompetensi sesuai bidangnya masing-masing agar parameter keahlian setiap lulusan terukur dengan baik serta meningkatkan akses kerja lulusan pada karir nasional maupun internasional.

Pengembangan sarana dan prasarana juga mendapatkan perhatian yang besar untuk semakin memberdayakan revenue generating unit. Yayasan Pawiyatan Gita Patria, Badan hukum penyelenggara Universitas Narotama sedang dalam proses membangun apartemen dan hotel 34 lantai yang akan digunakan sebagai sarana komersil dan kepeluan universitas. Mari kita doakan bersama agar proyek tersebut berjalan lancar dan dapat memberikan kemanfaatan yang besar bagi seluruh masyarakat.

Bapak Ibu Hadirin dan Wisudawan/Wati beserta keluarga yang saya muliakan..

In the face of an increasingly complex, global and competitive environment, internationalization has become an important strategic priority for many countries, governments, and higher education institutions, and the process has accelerated dramatically worldwide. Joining forces with partners abroad enables access to knowledge, skills, facilities, infrastructure and funding from elsewhere, which may contribute to improved quality of teaching, training and learning.

Universitas Narotama menjalin  kemitraan dengan berbagai universitas di benua Asia, Eropa, Australia, dan Amerika yang berfokus pada bidang joint research, joint seminar and publication, studium generale, visiting professor, students exchange dan lain-lain. Sejak tahun 2017, Universitas Narotama telah menggalakkan students mobility dengan system credit transfer, seperti kerjasama summer school dengan Algebra University Croatia di bidang cyber security, students exchange ke National Kaohsiung University Taiwan bidang ilmu manajemen, students exchange ke UTHM Malaysia.

Ekspansi kerjasama luar negeri Universitas Narotama berperan strategis untuk meningkatkan kapabilitas dan daya saing civitas akademika dan generasi muda indonesia  di era MEA dengan keunggulan khas Indonesia. Baru-baru ini Universitas Narotama menggelar seminar Data Fokus bekerjasama dengan Kedutaan Besar Kroasia di Indonesia, Insig2 IT company dari Kroasia serta Pemerintah Kota Surabaya dengan pembicara dari 5 negara dan lebih dari 300 partisipan dari berbagai elemen masyarakat untuk memberi wawasan tentang keamanan cyber dan digital forensic bagi publik Jawa Timur. Lebih jauh lagi, karena kerjasama internasional juga berfungsi penting untuk membangun jembatan persahabatan dan pemahaman budaya serta promosi kesempatan investasi antar Negara, Universitas Narotama bekerjasama dengan Budapest Business School Hungaria dalam penulisan buku Go Hungary Go Indonesia yang memuat paper ilmuwan kedua Negara seputar budaya, social life dan bisnis di kedua Negara. Lebih jauh lagi Universitas Narotama juga akan segera ber MoU dengan Gameloft, perusahaan Gaming Technology papan atas asal Prancis untuk training dan magang mahasiswa serta dosen, serta melaksanakan Training for Trainers di bidang cyber security berkolaborasi dengan Insig2 IT Company Kroasia.

Bapak Ibu Hadirin dan Wisudawan/Wati beserta keluarga yang saya muliakan..

Life is a gift, and it offers us the privilege, opportunity, and responsibility to give something back by becoming more. Jadilah yang terbaik di bidang kalian masing-masing dan jangan pernah lupakan untuk berkontribusi kepada almamater. Alumni Network is one of the greatest assets of Narotama University. Saya menghimbau anak-anakku wisudawan sekalian, sebagai alumni, tetaplah menjalin hubungan yang baik dan jaga nama harum almamater.  Saya mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan Universitas Narotama beserta keluarga. Selamat atas keilmuan kalian. Jadilah sarjana yang sujana. Berikan karya nyata bagi bangsa Indonesia.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Wabillahi taufiq wal hidayah

Wassalammualaikum, Wr. Wb.

Narotama jaya!

Tags: , , , , , ,