SAMBUTAN REKTOR PADA ACARA RAPAT KERJA UNIVERSITAS NAROTAMA 2018

Assalammualaikum, Wr. Wb.

Salam Sejahtera

Om Swastiastu

Namo Budaye

Salam Kebajikan

 

Bapak Ibu Hadirin Dosen dan Tenaga Kependidikan Universitas Narotama yang dirahmati Allah.

Sebelum memulai mari kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT. atas seluruh nikmat kehidupan untuk kita sehingga kita dapat hadir dalam acara yang esensial ini yakni Rapat Kerja Civitas Akademika Universitas Narotama 2018.

Bapak Ibu Hadirin Dosen dan Tenaga Kependidikan Universitas Narotama yang dirahmati Allah.

Dinamika perkembangan peradaban dan teknologi memunculkan challenges dan opportunity baru di berbagai bidang, khususnya dunia pendidikan tinggi yang dipandang sebagai garda utama penghasil SDM yang siap kerja.

Mudahnya mengakses informasi tanpa batas, menjadikan dunia pendidikan saat ini barrierless. Masyarakat pun semakin kritis dan sadar

teknologi, mereka menuntut pendiian yang semakin berkualiitas dan memiliki jangkauan internasional serta mengintegrasikan teknologi dalam pelaksanaan pendidikan.

Bangsa Indonesia saat ini tengah giatnya menyelenggarakan percepatan di bidang pendidikan, untuk memaksimalkan potensi bangsa dan mencapai cita-cita menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia pada tahun 2030. Salah satu usaha yang dilakukan utnuk meningkatkan daya saing nasional terutama dalam  era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dan mengingat bahwa salah satu tantangan dalam pencapaian MEA adalah menyiapkan tenaga-tenaga profesional yang handal dan memiliki kompetensi standardisasi di berbagai sektor, maka Kemristek DIKTI mengeluarkan  standardisasi di perguruan tinggi. Selain itu, standarisasi juga berperan penting untuk mengakomodasi kebutuhan negara dalam mengembangkan potensi dan sumber daya manusia yang ada di masyarakat,

Dalam standar nasional pendidikan tinggi terbaru, terdapat 24 standar yang wajib dilaksanakan oleh perguruan tinggi. 24 Standar tersebut dibagi dalam tiga darma perguruan tinggi, delapan standar pendidikan, delapan standar penelitian dan delapan standar pengabdian,

Standar nasional pendididkan tinggi tersebut akan menjadi dasar acuan seluruh proses berikutnya termasuk proses akreditasi.

Saat ini proses akreditasi masih mengacu pada tujuh kriteria dan beberapa instrumen belum pada standar nasional pendidikan tinggi, segera,kedepannya akan menjadi sembilan kriteria.

Oleh karena itulah kita semua harus segera bertindak sigap, mempersiapkan diri menghadapi tantangan tersebut. Yakinlah bahwa ini bukan beban namun kesempatan bagi kita untuk semakin teguh memegang amanah dan tanggung jawab memberikan pendidikan yang berkualiatas untuk mencerdaskan anak bangsa.

Semua yang hadir di ruangan ini adaah yang terbaik dari Universitas Narotama, ikuti seluruh agenda Raker ini dengan semangat dan penuh tanggung jawab. Insyaallah ridho Allah senantiasa bersama kita. Amien.

Wassalammualaikum, Wr. Wb.

Tags: , , , ,