Sambutan Pada Acara Wisuda Sarjana ke 44 dan Magister 32 Universitas Narotama

Assalammualaikum, Wr. Wb.

Salam Sejahtera

Om Swastiastu

Namoo Budhaya

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua. Sebelum memulai, dalam penyelenggaraan Wisuda Sarjana ke 44 dan Magister ke 32 Universitas Narotama saya ingin mengucapkan selamat kepada Wisudawan dan Wisudawati Universitas Narotama beserta keluarga, semoga ilmu yang telah didapatkan selama menempuh pendidikan dapat diamalkan bagi kemaslahatan bangsa dan negara Indonesia tercinta. Amien.

Bapak Ibu Hadirin dan Wisudawan/Wati beserta Keluarga yang dirahmati Allah….

Teknologi dan inovasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita dan bahkan telah menjadi faktor penggerak pembangunan. Oleh karenanya, teknologi dan Inovasi,  harus menjadi bagian hidup kita sehingga masyarakat ekonomi berbasis pengetahuan dapat terwujud. Seiring dengan hal tersebut, reformasi pendidikan tinggi merupakan suatu keniscayaan, melalui pendidikan tinggi, kita mempersiapkan SDM IPTEK yang akan bersaing dalam pasar kerja nasional maupun internasional.

Institusi pendidikan tinggi memerlukan penguatan di berbagai lini. Sebagai contoh penguatan kemitraan  untuk mengolah temuan ilmiah hasil riset menjadi inovasi diperlukan proses hilirisasi yang melibatkan bukan hanya perguruan tinggi atau institusi riset saja, tetapi juga kolaborasi dengan peneliti dari institusi dalam dan luar negeri, kemitraan dengan industri dalam dan luar negeri, serta berbagai pihak lainnya. Dengan pengelolaan yang tepat, diharapkan akan terjadi peningkatan jumlah produk inovatif yang berskala pasar.

Dalam implementasinya, Universitas Narotama terus mengeskalasi aktivitas riset tepat guna memberi dampak langsung pada peningkatan produktivitas sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat. Saat ini LPPM Universitas Narotama telah berstatus Madya sehingga dipercaya oleh pemerintah untuk mengelola dana Kemristek DIKTI sebesar 2 Milyar per tahunnya. Dana tersebut insyaallah dapat memunculkan penemuan-penemuan original dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Untuk mendukung riset yang berkelas dunia, Universitas Narotama menjalin  kemitraan dengan berbagai universitas di benua Asia, Eropa, Australia, dan Amerika yang berfokus pada penguatan scientific exchange dan knowledge transfer bagi civitas akademika Universitas Narotama. Di tataran internal 95% dosen Universitas Narotama telah melaksanakan penelitian dan abdimas dan 50% dosen Universitas Narotama telah memenangkan hibah Kemristek DIKTI di bidang Riset dan Pengabdian Pada Masyarakat. Result tersebut harus ditingkatkan karena masih banyak peluang riset dan funding dari dalam maupun luar negeri yang belum diserap secara maksimal.

Sejak tahun 2005, Universitas Narotama telah menetapkan local genius yaitu Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) sehingga kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat diarahkan menuju UMKM Research University. Universitas Narotama melakukan berbagai upaya untuk memantapkan posisinya sebagai Universitas yang peduli terhadap UMKM, diantaranya dengan menetapkan kebijakan untuk mendorong dan memfasilitasi seluruh dosen melakukan penelitian khususnya tentang UMKM. Salah satu aktivitas yang dilakukan adalah mentoring penulisan jurnal internasional berindeks Scopus oleh Prof. Djoko Santoso secara berkesinambungan.  Disamping itu, Universitas Narotama juga membentuk UMKM centre sebagai inkubator dan wadah pengembangan & konsultasi UMKM, bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur, yang mengkaryakan  dosen-dosen Universitas Narotama sebagai tenaga pendamping dan penyuluh UMKM di Jawa Timur.

Pengembangan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) untuk pengembangan UMKM juga telah dilaksanakan, salah satunya bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur, memberikan model Sistem Komputer untuk penyusunan laporan berbasis TIK, bekerjasama dengan Pemeritah Kabupaten Blitar untuk mengembangkan Sistem Informasi Akuntansi Multi User secara terintegrasi bagi bisnis. Bekerjasama dengan sentra industri rumah tangga pengolahan hasil laut kenjeran Surabaya dan sentra batik jetis Sidoarjo untuk pemasaran produk batik melalui dunia maya dengan menggandeng ahli lintas fakultas di Universitas Narotama.

Salah satu bidang riset unggulan Universitas Narotama terkait UMKM adalah Penguatan kelembagaan dan Korporasi melalui Pengembangan Manajerial berbasis TIK dan Pengembangan Manajerial sektor koperasi dan UMKM. Hasil riset tersebut melahirkan produk maupun layanan bagi UMKM seperti: model pendampingan untuk UMKM, produk TIK sebagai media pendampingan UMKM antara lain SIA UMKM, SI Daya Saing UMKM, SI permodalan Koperasi dan UMKM. Sedangkan pada bidang engineering menghasilkan produk beton lunak, sistem pendinginan ikan, kontruksi bambu, jaring laba-laba, aplikasi penghitungan material untuk UMKM, Pembuatan e-commerce untuk pemasaran UMKM dll.

Bapak Ibu Hadirin dan Wisudawan/Wati beserta Keluarga yang dirahmati Allah….

Aspek lain yang tak kalah pentingnya adalah penguatan budaya mutu, untuk memastikan kualitas pendidikan tinggi.  Organisasi yang menjunjung tinggi budaya mutu akan senantiasa berorientasi pada kualitas serta perbaikan berkelanjutan. Pemeliharaan dan peningkatan budaya mutu dilakukan melalui sertifikasi mutu dan penjaminan mutu yang holistik dan terintegrasi dalam seluruh elemen pendidikan tinggi. Komitmen pada mutu telah dilaksanakan oleh Universitas Narotama sejak tahun 2004 melalui sertifikasi ISO yang berbasis IWA 2 yang menjamin tata laksana pendidikan tinggi berorientasi pada spirit kaizen.

Alhamdulillah, komitmen tersebut membuahkan berbagai prestasi, antara lain Universitas Narotama berhasil meraih Akreditasi Institusi, yang merupakan akreditasi menyeluruh di tingkat universitas, dengan peringkat B (baik) sejak tahun 2014 dari  sekitar 4200 PTN dan PTS di Indonesia. Akselerasi untuk mencapai akreditasi institusi A terus digulirkan, dan isyaallah dengan usaha dan doa kita bersama, prestasi tersebut dapat terwujud.

Prestasi lain yang alhamdulillah berhasil diraih Universitas Narotama diantaranya peringkat 56 terbaik secara nasional diantara kurang lebih 4200 perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta di Indonesia, ranking 4 terbaik se- Surabaya dan 6 terbaik di Jawa Timur oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia pada tahun 2015.  Koordinator Perguruan Tinggi Swasta  (KOPERTIS) Wilayah 7 Jawa Timur juga  menganugerahkah predikat Kampus Unggul kepada Universitas Narotama atas prestasinya di bidang Tata kelola, pengajaran, riset dan kemahasiswaan dan penghargaan sebagai Good Practices Campus dari DIKTI & Eco Campus dari Pemerintah Kota Surabaya karena sistem management yang baik serta berkesadaran lingkungan. Bagaimanapun, seiring perkembangan jaman dan market demand,  tantangan kedepan harus disikapi dengan semangat, karena tolok ukur penilaian prestasi PT berubah-ubah sehingga yang pasti adalah ‘smart work’ and stay dynamic to changes.

Bapak Ibu Hadirin serta Wisudawan/ Wisudawati yang dirahmati Allah….

Universitas Narotama mendukung penuh prestasi mahasiswa baik dalam tataran akademik maupun non akademik di level nasional dan internasional.  Alhamdulillah pencapaian mahasiswa kian tahun kian membanggakan.  Mahasiswa Universitas Narotama berhasil meraih peringkat terbaik dalam Summer Program di Bidang Cyber Security yang diselenggarakan di Algebra University Croatia, memenangkan kompetisi  Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) untuk konstruksi jembatan bawah tanah, mahasiswa Universitas Narotama juga mengharumkan nama Indonesia di arena Olimpiade Rio De Janeiro 2016, Sea Games 2017 dan Islamic Solidarity Games di cabang olahraga Panahan dan masih banyak lagi.

Pengembangan sarana dan prasarana juga mendapatkan perhatian yang besar, oleh karenanya Universitas Narotama terus membangun fasilitas kelas, perkantoran maupun ruang pertemuan.

Bapak Ibu Hadirin dan Wisudawan/Wati beserta keluarga yang saya muliakan..

Before I close my speech, I would like to give an important message to all alumni of Narotama University to keep your love for Narotama University. Stay in contact and give us your updates, bersama kita dapat mengkontribusikan lebih banyak hal positif bagi masyarakat.

Akhirnya, Saya mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati Universitas Narotama beserta keluarga. Selamat atas keilmuan kalian. Jadilah sarjana yang sujana. Berikan karya terbaik  bagi bangsa Indonesia.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Wabillahi taufiq wal hidayah

Wassalammualaikum, Wr. Wb.

Narotama jaya!

Tags: , , , , ,