Sambutan pada Acara Wisuda Sarjana ke 43 dan Magister ke 31 Universitas Narotama Surabaya

Assalammualaikum, Wr. Wb.

Salam Sejahtera

Om Swastiastu

Namo Budaya

 

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua.

Hari ini Universitas Narotama kembali melaksanakan  Wisuda Sarjana ke 43 dan Magister ke 31. Dalam perjalanannya Universitas Narotama senantiasa memegang teguh elevasi mutu pendidikan. Alhamdulillah, komitmen tersebut membuahkan berbagai prestasi, antara lain Universitas Narotama berhasil meraih Akreditasi Institusi, yang merupakan akreditasi menyeluruh di tingkat universitas, dengan peringkat B (baik) sejak tahun 2014 dan saat ini Universitas Narotama terus memacu akselerasi akreditasi institusi A, serta masuk dalam lingkup ASEAN University Network atau AUN. Hal tersebut mencerminkan concern Universitas Narotama pada mutu pendidikan dan spirit continuous improvements.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 492.A/M/Kp/VIII/2015 Tentang Klasifikasi Dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi Di Indonesia,  Universitas Narotama meraih peringkat 56 terbaik secara nasional diantara kurang lebih 4200 perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta di Indonesia, selain itu Universitas Narotama juga merupakan ranking 4 terbaik se- Surabaya dan 6 terbaik di Jawa Timur. Koordinator Perguruan Tinggi Swasta  (KOPERTIS) Wilayah 7 Jawa Timur menganugerahkah penghargaan Kampus Unggul berpredikat utama kepada Universitas Narotama atas prestasinya di bidang Tata kelola, pengajaran, riset dan kemahasiswaan, serta  penghargaan sebagai Good Practices Campus dari DIKTI & Eco Campus dari Pemerintah Kota Surabaya atas  sistem management yang baik serta berkesadaran lingkungan di Universitas Narotama.

LPPM Universitas Narotama telah berstatus Madya sehingga dipercaya pemerintah untuk mengelola dana DIKTI sebesar 2 Milyar per tahunnya. Dana tersebut harus dapat memunculkan penemuan-penemuan orisinal dan mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya di bidang UMKM sebagai local genius Universitas Narotama. lnovasi menjadi kata kunci pengembangan dalam segala hal. Pengalaman berbagai Negara maju menunjukkan bahwa inovasi yang berbasis pada produk litbang akan memberi dampak langsung pada peningkatan produktivitas berkelanjutan, yang pada akhirnya dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi bangsa. Diberlakukannya pasar global dengan dimulainya MEA 2015 di sektor perdagangan, demikian juga dengan kesepakatan international lainnya seperti AFTA, APEC, ACFTA, dan berbagai kesepakatan lainnya jelas menggambarkan tentang pentingnya pendidikan tinggi yang berkualitas di Indonesia untuk mampu menghasilkan produk pendidikan yang kompetitif atau mampu bersaing dengan produk pendidikan tinggi bangsa lain, maka Perguruan Tinggi khususnya dalam hal hasil hasil risetnya dituntut dapat diserap, dan dimanfaatkan oleh dunia usaha sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas.

Seluruh pencapaian diatas tidak lepas dari totalitas kerja seluruh civitas akademika Universitas Narotama dan dukungan IT sistem yang terintegrasi memungkinkan real time checking and problem solving.

Di lini kemahasiswaan, berbagai prestasi telah diraih oleh mahasiswa Universitas Narotama seperti dalam Olimpiade Rio de Janeiro Brazil 2016, ASEAN Games di cabang panahan, Futsal, Tenis, Tinju dll serta penemuan teori Astronacci yang dipatenkan secara ilmiah di level internasional dan juga pemecahan beberapa rekor MURI. Mahasiswa memiliki bergaam potensi yang luar biasa, oleh karenanya harus sennatiasa didukung dan dikembangkan untuk menghasilkan prestasi yang membanggakan almamater dan bangsa Indonesia.

Pengembangan sarana dan prasarana juga mendapatkan perhatian yang besar untuk semakin memberdayakan revenue generating unit. Yayasan Pawiyatan Gita Patria, Badan hukum penyelenggara Universitas Narotama sedang dalam proses membangun apartemen dan hotel 34 lantai yang akan digunakan sebagai sarana komersil dan menunjang agenda universitas.

Bapak Ibu Hadirin dan Wisudawan Wisudawati beserta keluarga yang saya muliakan

International education is critical to Indonesia’s success. In a highly competitive, knowledge-based global economy, ideas and innovation go hand in hand with job creation and economic growth. In short, international education is at the very heart of our current and future prosperity.

International collaboration in higher education contributes to success on many levels—both domestically and globally.

Oleh karenanya Universitas Narotama menjalin  kemitraan dengan berbagai universitas di benua Asia, Eropa, Australia, dan Amerika yang berfokus pada bidang joint research, joint seminar and publication, studium generale, visiting professor dan lain-lain untuk meningkatkan kapabilitas dan daya saing civitas akademika dan generasi muda indonesia  di era global dengan keunggulan khas Indonesia. Karena institusi pendidikan adalah gerbang utama untuk mencetak generasi bangsa yang unggul dan berkarakter, sebagaimana motto Universitas Narotama, Pro Patria.

Saat ini Universitas Narotama telah memiliki kelas internasional eksistensinya memicu akselerasi penggunaan bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar dengan mahasiswa asing dari berbagai negara seperti Thailand, Saudi Arabia, Timor Leste dan kedepan dari negara Laos, Myanmar,Kamboja, Vietnam dan Cina.

Bapak Ibu Hadirin dan Wisudawan Wisudawati beserta keluarga yang saya muliakan..

The value of community becomes especially apparent during challenging times such as the current global economic downturn. Alumni Network is one of the greatest assets of Narotama University.

Oleh karenanya saya menghimbau anak-anakku wisudawan sekalian, sebagai alumni, tetaplah menjalin hubungan yang baik dan jaga nama harum almamater.  Saya mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan Universitas Narotama beserta keluarga. Selamat atas keilmuan kalian. Jadilah sarjana yang sujana. Berikan karya terbaik di bidang kalian masing-masing dan berkontribusilah bagi bangsa Indonesia.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Wabillahi taufiq wal hidayah.

Wassalammualaikum, Wr. Wb.

Narotama jaya !!!

Tags: , , ,