Sambutan Pada Acara Kompetisi Debat Hukum HR. Djoko Soemadijo Award Antar Perguruan Tinggi se – Jawa Timur

Assalammualaikum. Wr. Wb
Salam Sejahtera
Om Swastiastu
Namaste

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas hidayah dan inayah-Nya lah kita dapat hadir pada acara Kompetisi Debat Hukum HR Djoko Soemadijo antar Perguruan Tinggi se-Jawa Timur.

Sebelum memulai saya ingin mengucapkan selamat datang kepada Hakim Agung Republik Indonesia Bapak Dr. H. Sunarto, SH., MH.

Yang mewakili dari Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H, M.H Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia yang berhalangan hadir karena tugas yang tidak dapat di tinggalkan , terimakasih telah berkenan hadir dalam acara ini. Selamat datang juga saya sampaikan kepada seluruh dewan juri dan peserta Kompetisi Debat Hukum ini, selamat datang di Universitas Narotama, home for knowledge and talents.

Bapak/Ibu Hadirin sekalian yang dirahmati Allah..

Indonesia memiliki banyak tokoh hukum yang sumbangsih dan pemikirannya, telah berjasa memajukan bangsa dan negara. Oleh karenanya, ketokohan sosok figur dalam dunia hukum dapat menginspirasi masyarakat untuk memberikan masukan positif dan berkarya nyata bagi masyarakat. Itulah yang kami rasakan terhadap Bapak Narotama Bpk. HR. Djoko Soemadijo. Beliau telah mendedikasikan 60 tahun hidupnya, hingga kini, bagi pembangunan dunia pendidikan, khususnya pendidikan hukum. Beliau membidani pendirian banyak kampus-kampus swasta di Jawa Timur dan menjadi think tank dalam perumusan kebijakan pendidikan Tinggi di Indonesia. Beliau dipercaya menjabat Dekan FH UNAIR selama 2 periode, dimana selama masa itu beliau menorehkan banyak terobosan dan reformasi pendidikan hukum yang dapat kita baca ditulisan salah satu buku beliau “ Pendidikan Tinggi di Persimpangan Jalan “, Beliau pulalah pendiri Universitas Narotama dan peletak dasar-dasar arah mengembangan Universitas Narotama kedepan. Visi beliau yang maju dan inovatif telah berjasa mengantarkan Universitas Narotama menjadi kampus modern, bermutu dan berbasis IT dan saat ini Universitas Narotama berada diperingkat 56 terbaik secara nasional diantara kurang lebih 4200 perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta di Indonesia

Komunitas hukum Universitas Narotama menyimpulkan bahwa Bapak H. R Djoko Soemadijo memberikan peran yang sangat besar dalam reformasi Pendidikan Tinggi khususnya pendidikan tinggi hukum, oleh karena itu untuk lebih mengembangkan pemikiran beliau, Universitas Narotama memutuskan untuk membentuk H. R. Djoko Soemadijo Institute, Institute ini diharapkan menjadi ajang pengembangan pemikiran tentang pendidikan tinggi hukum di Indonesia. Semoga eksistensinya dapat memperkaya khazanah pengembangan dan pembelajaran hukum di Indonesia.

Bapak/Ibu Hadirin sekalian yang dirahmati Allah..

Kompetisi Debat Hukum HR Djoko Soemadijo merupakan salah satu rangkaian Dies Natalis Universitas Narotama ke 36 yang didukung penuh oleh HR. Djoko Soemadijo Institute untuk memperkuat budaya berpikir kritis bagi generasi muda. Berpikir kritis sangatlah penting dan dibutuhkan diberbagai bidang kerja dan kehidupan. Manfaat berpikir kritis diantaranya untuk menemukan kesimpulan dan keputusan yang informatif, bermanfaat, serta dapat dipertanggungjawabkan.

sehingga dapat menyelesaikan masalah dengan bijak, menghasilkan idea atau ciptaan yang kreatif dan inovatif, dan meningkatkan aspek kognitif dan afektif, dan seterusnya perkembangan intelektualitas seseorang.

Adapun aktivitas debat itu sendiri juga memberikan banyak manfaat seperti mengasah kemampuan menganalisis, memahami pernyataan, mengikuti dan menciptakan argumen logis, dan melatih mental yang kuat dalam kompetisi.

Saya mengucapkan selamat kepada Magister Hukum Universitas Narotama bekerja sama dengan HR. Djoko Soemadijo Institute atas pelaksanaan kegiatan ini memotivasi lebih banyak lagi kegiatan yang mengasah daya pikir kritis serta ilmiah. Semoga acara ini dapat memberikan manfaat yang luas bagi generasi muda khususnya dalam wawasan hukum serta membangun networking antar perguruan tinggi yang memungkinkan terciptanya kolaborasi-kolaborasi keilmuan di berbagai bidang.

Selamat mengikuti kegiatan Debat Hukum memperebutkan “ H. R. DJOKO SOEMADIJO “ Award, semoga bermanfaat

Demikian kiranya yang dapat saya sampaikan. Setelah ini akan kita saksikan bersama peresmian HR. Djoko Soemadijo Institute. Terimakasih.

Wassalammualaikum. Wr. Wb.

Tags: , , ,