SAMBUTAN PADA ACARA SEMINAR PERANAN PEMUDA MENGHADAPI ASEAN DALAM BINGKAI NASIONALISME

Seminar PSA

Assalammualaikum. Wr. Wb

Salam Sejahtera

Om Swastiastu

Namaste

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas berkah rahmat-Nya lah kita semua dapat hadir pagi hari ini.

Sebelum memulai saya ingin menyambut hangat seluruh hadirin sekalian, selamat datang di Universitas Narotama Surabaya. Home for Talents and Knowledge.

Mobilitas  sosial di kawasan Asia tenggara bergerak cukup cepat.  Seiring dengan tuntutan arus globalisasi yang mewajibkan negara-negara ASEAN untuk mampu bersaing dalam kancah global. Negara-negara ASEAN memiliki tantangan yang cukup berat dalam menghadapi arus global yang memberikan dampak riil terhadap situasi di kawasan Asia Tenggara. Situasi ini tentunya berdampak bagi Indonesia yang memiliki tingkat kemajmukan yang cukup tinggi, dengan berbagai suku bangsa, bahasa, dan kepercayaan. Hal ini tentunya membutuhkan perhatian khusus agar bangsa Indonesia dapat bersaing di area MEA.

Dalam Blue Print ASEAN Sosial –Culture Community (ASCC) yaitu pilar ketiga dari 3 pilar dalam agenda ASEAN Commuity 2015 memiliki beberapa point penting yang perlu diwujudkan oleh seluruh Negara anggota ASEAN. Salah satu point pentingnya adalah Pembangunan Identitas ASEAN dimana setiap negara anggota bertugas untuk meningkatkan kesadaran ASEAN dan rasa satu komunitas dan pelestarian dan promosi warisan budaya ASEAN juga Industri dan kreativitas budaya. Untuk mempercepat pencapaiannya , pemuda memiliki peran penting untuk bergerak bersama dalam rangka persiapan Indonesia untuk ASEAN Community 2015.

Para pemuda juga memegang peranan penting pada isu-isu yang lintas sektoral, khususnya terkait people-to-people connectivity. Adalah resposibility kita bersama untuk mendorong agar para pemuda dapat memberikan kontribusi positif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, termasuk memanfaatkan teknologi informasi seperti jaringan sosial untuk memotivasi kebebasan berekspresi yang bertanggung jawab, meningkatkan dialog konstruktif serta membantu proses demokrasi untuk merealisasikan Komunitas ASEAN sesuai dengan Piagam ASEAN.

Oleh karenanya Universitas Narotama khususnya Pusat Studi ASEAN bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menyelenggarakan seminar Peran Pemuda Menghadapi ASEAN Dalam Bingkai Nasionalisme. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mendekatkan ASEAN kepada masyarakat sebagai bagian dari upaya meningkatkan pemahaman pemuda ASEAN terhadap identitas ASEAN yang didasarkan pada persahabatan dan kerja sama. Harapan kami semoga di masa mendatang dapat menciptakan generasi muda yang lebih kompetitif, handal serta memiliki kemampuan untuk mendorong industri kreatif.

Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada Pusat Studi ASEAN Universitas Narotama atas pelaksanaan kegiatan ini dan memotivasi untuk semakin banyak berkontribusi bagi kemajuan pendidikan anak bangsa. Seperti cita-citanya PSA Universitas Narotama berkeinginan kuat untuk menjadi generator membekali pemuda pemudi Indonesia untuk terjun dalam era globalisasi tanpa kehilangan jati diri bangsa Indonesia. Saya juga mengucapkan terimakasih dan emmenrikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kementrerian Luar Negeri Republik Indonesia atas kesediannya berjuang bersama kami mensukseskan kiprah Indonesia di era MEA. Semoga kerjasama ini menjadi awal bagi banyak kolaborasi lainnya. Amien

Demikian kiranya yang dapat saya sampaikan. Akhirul kalam wabillahitaufiq wal hidayah.

Wassalammualaikum. Wr. Wb

Tags: , , , ,