SAMBUTAN WISUDA SARJANA KE 42 DAN PASCASARJANA KE 30 UNIVERSITAS NAROTAMA

wisuda

Assalammualaikum, Wr. Wb.

Salam Sejahtera

Om Swastiastu

Namaste

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua. Sebelum dimulai, saya ingin menyambut hangat seluruh tamu undangan yang hadir.. selamat datang di Universitas Narotama home for knowledge and talents.

Bapak Ibu Hadirin dan Wisudawan/Wati beserta Keluarga yang dirahmati Allah….

Hari ini Universitas Narotama kembali melaksanakan  Wisuda Sarjana ke 42 dan Pascasarjana ke 30. Dalam perjalanannya Universitas Narotama senantiasa memegang teguh elevasi mutu pendidikan. Alhamdulillah, komitmen tersebut membuahkan berbagai prestasi, antara lain Universitas Narotama berhasil meraih Akreditasi Institusi, yang merupakan akreditasi menyeluruh di tingkat universitas, dengan peringkat B (baik) sejak tahun 2014. Dari  4200 PTN dan PTS di Indonesia hanya sekitar sekitar 400 PTN dan PTS yang memiliki Akreditasi Institusi. Saat ini Universitas Narotama sedang dalam proses akselerasi akreditasi dari B menuju A, didukung oleh Kemristek DIKTI melalui serangkaian bimbingan teknis yang kami laksanakan dengan sungguh-sungguh. Selain itu, sebagai peningkatan layanan pendidikan dan wujud kontribusi nyata bagi kemajuan ilmu pengetahuan, Universitas Narotama memproses pembukaan beberapa program studi baru diantaranya Program Studi S3 manajemen, S3 Hukum, S2 Teknik Sipil yang insyaallah dalam waktu dekat akan segera diumumkan hasilnya oleh Kemenristek DIKTI. Mari kita dukung bersama re-akreditasi institusi Universitas Narotama peringkat B menjadi  A dan pembukaan program studi baru segera dapat terwujud melalui doa dan semangat! (tepuk tangan)

Prestasi lain yang alhamdulillah berhasil diraih Universitas Narotama diantaranya peringkat 56 terbaik secara nasional diantara kurang lebih 4200 perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta di Indonesia, ranking 4 terbaik se- Surabaya dan 6 terbaik di Jawa Timur oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.  Koordinator Perguruan Tinggi Swasta  (KOPERTIS) Wilayah 7 Jawa Timur menganugerahkah predikat Kampus Unggul kepada Universitas Narotama atas prestasinya di bidang Tata kelola, pengajaran, riset dan kemahasiswaan dan penghargaan sebagai Good Practices Campus dari DIKTI & Eco Campus dari Pemerintah Kota Surabaya karena sistem management yang baik serta berkesadaran lingkungan.

LPPM Universitas Narotama telah berstatus Madya sehingga dipercaya pemerintah untuk mengelola dana DIKTI sebesar 2 Milyar per tahunnya. Dana tersebut harus dapat memunculkan penemuan-penemuan orisinal dan mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya di bidang UMKM sebagai local genius Universitas Narotama. lnovasi menjadi kata kunci pengembangan dalam segala hal. Pengalaman berbagai Negara maju menunjukkan bahwa inovasi yang berbasis pada produk litbang akan memberi dampak langsung pada peningkatan produktivitas berkelanjutan, yang pada akhirnya dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi bangsa. Diberlakukannya pasar global dengan dimulainya MEA 2015 di sektor perdagangan, demikian juga dengan kesepakatan international lainnya seperti AFTA, APEC, ACFTA, dan berbagai kesepakatan lainnya jelas menggambarkan tentang pentingnya pendidikan tinggi yang berkualitas di Indonesia untuk mampu menghasilkan produk pendidikan yang kompetitif atau mampu bersaing dengan produk pendidikan tinggi bangsa lain, maka Perguruan Tinggi khususnya dalam hal hasil hasil risetnya dituntut dapat diserap, dimanfaatkan oleh dunia usaha.

Seluruh pencapaian diatas tidak lepas dari totalitas kerja seluruh civitas akademika Universitas Narotama dan dukungan IT sistem yang terintegrasi memungkinkan real time checking and problem solving. Di lini kemahasiswaan, Universitas Narotama sangat bangga dapat mewadahi dan mendukung bakat generasi muda yang innovatif dan luar biasa. Sebagai hasilnya, Alhamdulillah Mahasiswa Universitas Narotama berhasil mengharumkan nama Indonesia di arena Olimpiade Rio De Janeiro 2016, Sea Games dan Islamic Solidarity Games di cabang olahraga Panahan dan pemecahan Rekor Muri oleh mahasiswa UNNAR serta penemuan teori Astronacci yang dipatenkan secara internasional dan masih banyak lagi.

Pengembangan sarana dan prasarana juga mendapatkan perhatian yang besar untuk semakin memberdayakan revenue generating unit. Yayasan Pawiyatan Gita Patria, Badan hukum penyelenggara Universitas Narotama sedang dalam proses membangun apartemen dan hotel 34 lantai yang akan digunakan sebagai sarana komersil dan kepeluan universitas. Mari kita doakan bersama agar proyek tersebut berjalan lancar dan dapat memberikan kemanfaatan yang besar bagi seluruh masyarakat.

Bapak Ibu Hadirin dan Wisudawan/Wati beserta keluarga yang saya muliakan..

International collaboration has become integral to higher education in the 21st century. International partnership brings alot of benefits through myriad ways in which international partnerships can enhance the each partys involved in the collaboration. It can even transform the institutions that participate in them, aiding in long-term goals of campus internationalization and preparing students for entry into the global workforce.

Universitas Narotama menjalin  kemitraan dengan berbagai universitas di benua Asia, Eropa, Australia, dan Amerika yang berfokus pada bidang joint research, joint seminar and publication, studium generale, visiting professor dan lain-lain

Ekspansi kerjasama luar negeri Universitas Narotama berperan strategis untuk meningkatkan kapabilitas dan daya saing civitas akademika dan generasi muda indonesia  di era MEA dengan keunggulan khas Indonesia. Karena institusi pendidikan adalah gerbang utama untuk mencetak generasi bangsa yang unggul dan berkarakter, sebagaimana motto Universitas Narotama, Pro Patria.

Saat ini Universitas Narotama telah memiliki kelas internasional eksistensinya memicu akselerasi penggunaan bahasa Inggris dalam proses beajar mengajar dengan mahasiswa asing dari berbagai negara seperti Thailand, Saudi Arabia, Timor Leste dan kedepan dari negara Laos, Myanmar,Kamboja, Vietnam dan Cina.

Bapak Ibu Hadirin dan Wisudawan/Wati beserta keluarga yang saya muliakan..

The value of community becomes especially apparent during challenging times such as the current global economic downturn. Alumni Network is one of the greatest assets of Narotama University. Oleh karenanya saya menghimbau anak-anakku wisudawan sekalian, sebagai alumni, tetaplah menjalin hubungan yang baik dan jaga nama harum almamater.  Saya mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan Universitas Narotama beserta keluarga. Selamat atas keilmuan kalian. Jadilah sarjana yang sujana. Berikan karya terbaik di bidang kalian masing-masing dan berkontribusilah bagi bangsa Indonesia.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Wabillahi taufiq wal hidayah

Wassalammualaikum, Wr. Wb.

Narotama jaya !!!

Tags: , , , , ,