SAMBUTAN PADA ACARA WISUDA SARJANA KE 37 dan PASCASARJANA KE 25

WISUDA 1

Ass. Wr. Wb.

Salam Sejahtera

Alhamdulillaahirobbil’alamin,  puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Ilahi Rabbi, Mighty and Merciful Allah SWT who has given us the joy of health and time to present on this meaningful occasion.

Hari ini merupakan puncak dari perjalanan studi mahasiswa di Universitas Narotama, melalui momentum Wisuda Sarjana ke 37 dan Pascasarjana ke 25.  Saya pribadi dan nama seluruh civitas akademika mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan keluarga, semoga sukses Anda menempuh pendidikan di Universitas Narotama menjadi awal kehidupan yang bermanfaat, barokah, dan menginspirasi orang lain untuk menebar kebaikan di muka bumi. Amien.

Bapak Ibu Hadirin dan wisudawan – wati  yang saya muliakan

Undang- undang no.12 tahun 2012 tentang pendidikan Tinggi menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik  secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahklak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya , masyarakat, bangsa dan Negara.

33 tahun sudah, Universitas Narotama berkomitmen untuk selalu meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan serangkaian prestasi baik dalam sistem manajemen maupun penjaminan mutu. Alhamdulillah dari kerja cerdas ini, Universitas Narotama berhasil meraih Akreditasi Institusi dengan peringkat B, diantara 3.151 PTN dan PTS di Indonesia. Akreditasi Institusi memiliki arti penting untuk menentukan kualitas suatu perguruan tinggi secara holistik, bukan hanya program studinya saja. Di Indonesia, baru 130 universitas yang terakreditasi Institusi, termasuk Narotama, sehingga, pencapaian Akreditasi Insitusi tersebut merupakan wujud nyata komitmen Universitas Narotama untuk senantiasa menjaga kepercayaan masyarakat dengan memberikan kualitas pendidikan terbaik.  Hadirin sekalian mari kita berikan sambutan yang meriah bagi Almamater Kita yang tercinta!

Adding up to the list , prestasi lain yang telah dicapai diantaranya adalah semakin banyak hibah DIKTI yang dimenangkan oleh dosen maupun supporting unit di Universitas Narotama. Hibah tersebut meliputi PHKI, buku teks, buku ajar, KBK, PKKUI serta terpilihnya Universitas Narotama sebagai Good Practices Campus oleh DIKTI dan Telkom Smart Campus peringkat 54 dari 551 PTN dan PTS, ranking ke 34 Webometrics serta ranking ke 38 4ICU Se-Indonesia.

Ladies and Gentlemen

In the field of International Cooperation, Narotama University is consistent to enhance its corporate branding to the international clients. Implementing programs that allow students expanding their international experience and engagement, such as summer program with IPAG Business School Paris in France and Everett Community College USA, Students exchange and cultural exchange with various universities in Malaysia, and also diversed collaborations with Institut Francais Indonesia and US Consulate General in Surabaya.

Dukungan kepada mahasiswa untuk berprestasi tak henti-hentinya diberikan melalui pendampingan dan pengikutsertaan mahasiswa pada kompetisi berskala nasional maupun internasional. Beragamnya potensi yang dimiliki oleh mahasiswa merupakan aset tak ternilai yang harus dikembangkan dan difasilitasi penyalurannya. Mahasiswa Universitas Narotama berhasil mengharumkan nama Indonesia di arena Sea Games dan Islamic Solidarity Games 2013, pemecahan Rekor Muri oleh mahasiswa UNNAR serta penemuan teori Astronacci yang mendunia hingga diliput secara ekslusif oleh majalah Forbes USA dan dianugerahi rekor MURI di Indonesia. Rekor MURI lainnya diperoleh oleh mahasiswa Universitas Narotama dengan melaunching buku karyanya di atas mobil tangki BBM pertamina dan diarak oleh 1000 orang.

Prestasi yang diraih oleh alumni Universitas Narotama juga tidak kalah membanggakan. Setelah menyelesaikan studi Magister Kenotariatan di Universitas Narotama, sebanyak 33 orang seluruhnya lulus dalam ujian Kode Etik berskala nasional, selain itu, 17 dari alumni Magister Kenotariatan angkatan pertama dan kedua juga lolos dalam ujian PPAT, dimana nominal sebanyak itu tidak pernah terjadi dari satu perguruan tinggi yang sama. Dengan bukti nyata, saya percaya, masyarakat menjadi semakin yakin untuk menempuh pendidikan di Universitas  Narotama karena output yang dihasilkan luar biasa.

Kedepan, perhatian pada pengembangan riset unggulan UMKM, pusat-pusat kajian dan publikasi internasional adalah agenda kerja utama, untuk memperkuat daya saing Universitas Narotama menyambut ASEAN Community 2015. Untuk itulah tahun 2014 dicanangkan sebagai Research and publications year. Tenaga pendidik semakin dimotivasi untuk giat menghasilkan karya, sementara mahasiswa semakin diakrabkan dengan penelitian ilmiah. Scientific Culture inilah yang ingin ditumbuhkan di Universitas Narotama, menyempurnakan fungsi universitas sebagai home for knowledge and new innovations. Cita-cita tersebut memerlukan dukungan seluruh civitas akademika, baik secara material maupun moral. Oleh karenanya mari kita disiplinkan diri kita masing-masing menjadi pribadi yang goal oriented, persistent dan visioner.

Bapak Ibu Hadirin dan Wisudawan – Wati yang saya cintai

To achieve is not enough the most important element is how to maintain. Therefore we need a system, a comprehensive system that will ensure everything runs on track.

Universitas Narotama  memiliki Integrated Quality Assurance System yaitu sertifikasi ISO 9001:2008 (IWA 2: 2007) yang keberadaannya ditunjang oleh SIMNARO yang didalamnya mencakup sistem penjaminan mutu SDM, Finansial dan Akademik. Selain itu, sebagai pioneer IT based  Core System , Universitas Narotama berhasil melaksanakan E-Learning bagi mahasiswa, Webinar serta Live Streaming acara-acara universitas.

Anak-Anakku Wisudawan – wati yang saya cintai

Setelah hari ini kalian akan menapaki perjuangan yang sesungguhnya sebagai anggota masyarakat, dimana kontribusi kalian dapat memberikan arti bagi peningkatan harkat hidup bangsa Indonesia. Stand tall and be proud, for the future is yours. Never think twice to always be the best and give the best. I believe your masterpiece will someday bring Indonesia becoming one of the successful stars globally.

Setinggi-tingginya seekor burung terbang, dia takkan pernah melupakan sarangnya. Demikian juga para alumni, bersemangatlah membangun networking bisnis, namun jangan pernah lupakan almamater kalian.  Melalui Ikatan alumni Universitas Narotama, dukung Universitas Narotama semakin maju dengan menghubungkan network kita masing-masing, membuka jalan bagi opportunities baru.

Demikian kiranya yang dapat saya sampaikan. Semoga Allah meridhoi niat baik kita semua.

Narotama Jaya

Wss. Wr. Wb

Tags: , , ,