PIDATO DIES NATALIS UNIVERSITAS NAROTAMA KE 33 “EXCELLENT UNIVERSITY THROUGH RESEARCH”

DIES3

Ass. Wr. Wb.
Salam Sejahtera

Puji syukur kita panjatkan pada Allah SWT atas seluruh nikmat kehidupan yang dianugerahkan kepada kita semua untuk hadir pada momen yang mulia ini.

Sebagai pembuka, saya menghaturkan  selamat datang kepada Bapak. Selaku Wamen Koperasi dan UKM republik Indonesia, also I would like to deliver a warm welcome to Mr. Joaqin Monseratte, US Congen in Surabaya. Thank you for coming and share with us.

Bapak Ibu Hadirin Yang saya hormati.

Keberadaan perguruan tinggi memiliki peran yang strategis di tengah-tengah masyarakatnya. Peran strategis tersebut meliputi tiga wacana besar yaitu universitas pengajaran (teaching university), universitas riset (research university) dan benteng peradaban (bastion of civilization). Secara tradisional ketiga peran tersebut tersirat dalam semangat tridharma perguruan tinggi di Indonesia.
Setidaknya ada tiga komponen penting dalam mengelola perguruan tinggi yang berkualitas, satu adalah individunya baik dosen maupun tenaga kependidikan, kedua adalah pengelolanya seperti kepala program studi, dekan hingga rektor, dan yang ketiga adalah sistem dalam institusi itu sendiri.

Bapak Ibu Hadirin yang saya hormati.

Setelah 33 tahun berkomitmen untuk selalu meningkatkan mutu pendidikan, Universitas Narotama saat ini semakin maju pesat dan berkembang. Prestasi tersebut diantaranya semakin banyak hibah DIKTI yang dimenangkan oleh dosen maupun supporting unit di Universitas Narotama, mahasiswa mendapatkan pengalaman internasional melalui program  students exchange di Universiti Selangor Malaysia dan IPAG Business School Paris, kemenangan mahasiswa Universitas Narotama mengharumkan nama Indonesia di arena Sea Games dan Islamic Solidarity Games 2013 serta pemecahan Rekor Muri oleh mahasiswa UNNAR. Lebih jauh lagi, alumni universitas narotama bahkan diakui dunia sebagai penemu teori revolusioner Astronacci yang terbukti ilmiah dan terbukti dapat memperkirakan dinamika valas dan saham. Ketertarikan dunia membuatnya diliput secara ekslusif dalam majalah Forbes US serta mendapatkan rekor MURI. Universitas Narotama akan segera melaunching Narotama Trading Zone dan penjurusan pasar modal untuk program pascasarjana yang mengadopsi teori astronacci, memberikan value yang bernilai bagi mahasiswa. Sebagai puncaknya, Alhamdulillah Universitas Narotama telah terakreditasi institusi dengan peringkat B, dari 3.151 Perguruan Tinggi (PT) yang ada di Indonesia,  hanya 130 PT yang institusinya telah terakreditasi.  Tepuk tangan yang meriah untuk almamater kita tercinta.

Bapak Ibu Hadirin yang dirahmati Allah.

Tahun 2014 merupakan saat yang strategis untuk memperkuat Tri Dharma Pendidikan khususnya di ranah penelitian, sebagai elemen pendukung kualitas pendidikan dan eksistensi perguruan tinggi sebagai rumah bagi ilmu  dan ilmuwan.

Perkembangan riset, ilmu pengetahuan dan teknologi senantiasa berdampingan dan sejalan dalam meningkatkan pembangunan negara, memecahkan masalah kontemporer yang dihadapi masyarakat, serta mengukir sejarah peradaban suatu bangsa. Sebagai media intelektual dan sosial, kampus menjadi tempat yang paling tepat dalam pengaplikasian riset.

Keunggulan dalam bidang penelitian menjadi jantung konsep universitas berkelas dunia. Penelitan yang unggul adalah penelitan yang telah diakui oleh sesama ilmuwan dan yang memperkaya pengembangan ilmu pengetahuan. Karena penelitian adalah elemen utama, maka aspek-aspek lain dari universitas juga perlu mendukung terciptanya penelitian yang berkualitas. Dengan UMKM sebagai local genius Universitas Narotama, penelitian pada ranah ini dapat memberikan kontribusi yang luar biasa pada peningkatan profesionalisme manajemen UMKM dan meningkatkan daya saingnya di kancah global.

Kesempatan penelitian yang saat ini telah terbuka tidak hanya di skala nasional, namun juga internasional membuat penguasaan bahasa asing menjadi kunci, menjembatani suksesnya tenaga pendidik menangkap kesempatan riset dari luar negeri. Saya berharap awareness tentang ini semakin meningkat karena ketertarikan masyarakat internasional saat ini ada di asia dengan Indonesia sbg potential player dan market ekonomi.

Oleh karena itu saya mengajak seluruh civitas akademika Universitas Narotama untuk membulatkan tekad dan berpartisipasi mendukung tahun 2014 sebagai tahun penelitian Universitas Narotama! (tepuk tangan)

Life is a song – sing it. Life is a game – play it. Life is a challenge – meet it. Life is a dream – realize it. Life is a sacrifice – offer it. Life is love – enjoy it.
The ultimate measure of a man is not where he stands in moments of comfort and convenience, but where he stands at times of challenge and controversy.

Semangat dan kerja! Kerja! Kerja! Narotama Jaya!
Wss.Wr.Wb.

Tags: , , ,