Rektor Hadiri Halal Bihalal Karang Werda / Lansia Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

Rektor Universitas Narotama Hj. Rr. Iswachyu Dhaniarti DS, ST menghadiri acara halal bihalal yang diselenggarakan oleh Karang Werda Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Sabtu (24/8). Acara yang berlangsung di ruang Aisyah ini dihadiri oleh pembina, penasehat, pengurus, dan anggota Karang Werda.

Halal Bihalal tersebut juga mengundang Prof. Dr. Med. dr. Puruhito, SpBTKV(K), seorang dokter spesialis bedah torak dan kardiovaskular di RS Universitas Airlangga. Prof Puruhito menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup seseorang ketika memasuki usia lansia. Salah satu organ vital yang perlu dijaga sehat dan fungsinya adalah ginjal.

Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Dalam keadaan normal, seorang dewasa membuang sekitar 1 cangkir sampai 0,9 L air kemih/hari. Berbagai penyakit ginjal menyebabkan terganggunya kemampuan ginjal untuk memekatkan air kemih, sehingga jumlah air kemih yang dibuang melebihi 2,25 L. Penyakit ginjal atau penyumbatan pada ureter, kandung kemih atau uretra bisa secara mendadak menyebabkan berkurangnya produksi air kemih sampai kurang dari 2 cangkir/hari.

Pada kesempatan itu , Hj. Rr. Iswachyu Dhaniarti DS, ST selaku pengurus Karang Werda Masjid Al-Akbar, menyerahkan buku “Resonansi Hati, Menggapai Hidayah” yang dicetak Narotama University Press kepada Bpk. Koes Soebagio, Ketua Karang Werda sekaligus penulis buku. Para anggota juga menjalani sesi pemotretan yang akan dipakai sebagai foto identitas di kartu anggota.

Tags: , , ,