Pidato pada Upacara Bendera 17 Agustus 2013

Ass. Wr. Wb.

Salam Sejahtera

Puji  syukur teriring ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya berupa kesehatan dan kesempatan bagi kita semua menghadiri momen terbesar bangsa Indonesia.

Saudara sebangsa dan setanah air…

17 Agustus 1945 adalah catatan sejarah yang melekat erat bagi rakyat Indonesia. Dimana seluruh perjuangan, pengorbanan dan semangat bagi tanah tumpah darah bertumpu pada satu kata yaitu, “Merdeka”. Bebas seutuhnya dari segala bentuk penindasan.

Kata Merdeka didasari oleh filosofi luhur keberdayaan dan swasembada. Suatu kondisi dimana bangsa Indonesia menjadi bangsa yang independen dalam percaturan politik, ekonomi bumiputra berjaya dan rakyatnya bersatu adil dan makmur.

Mensukseskan cita-cita tersebut, tahun ini pemerintah membingkai peringatan HUT RI dengan misi “MARI KITA JAGA STABILITAS POLITIK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI KITA GUNA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN RAKYAT”. Bangsa kita saat ini telah mencapai titik pengembangan yang luar biasa dengan ketangguhan ekonomi yang baik. Hal ini menjadi dasar yang kuat untuk pengembangan stabilitas nasional kedepan.

Untuk menjaga stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi, dibutuhkan kerja keras dengan titik tolak bangsa pada Generasi Mudan.  Di era dimana penjajahan kini melalui teknologi dan budaya, tuntutan untuk menciptakan kader bangsa yang cinta tanah air, berbudi pekerti luhur serta ahli di bidangnya harus dijawab dengan pendidikan.

Tak dapat disangkal, pendidikan adalah hal mendasar untuk mencapai kemerdekaan seutuhnya. Pendidikan menciptakan peluang untuk berkarya lebih baik, memperluas pemikiran dan memberi jalan berkontribusi bagi sesama.

Saudara sebangsa dan setanah air…Anak-anakku generasi muda Indonesia

Bersemangatlah! Jasa para pahlawan takkan tergantikan, namun  masa depan adalah milik kalian. Berhenti mengeluh dan mulailah berubah. Baik buruk bangsa ini kita yang menentukan. Akan selalu ada tantangan, dan tidak mudah menghadapi perubahan, hanya hanya dengan kecintaan terhadap tanah air,  bangsa Indonesia pasti bertahan.

Kita bangga menjadi warga negara Indonesia! Dengan kekayaan alam melimpah ruah dan diakui diseluruh penjuru dunia. Kekayaan sejarah dan budaya yang heterogen dan original. Sifat kekeluargaan yang tertanam erat antar sesama, di saat negara lain umumnya mengedepankan individualisme. Perasaan tenang dan damai yang hanya bisa kita rasakan saat berada di tanah tumpah darah adalah alasan kita harus bangga berucap, saya orang Indonesia!

Saudara sebangsa dan setanah air…

Pada peringatan kemerdekaan RI yang ke 68 ini, mari bersama kita menata mentalitas dan kapabilitas untuk  membangun Indonesia yang lebih baik. Syukuri nikmat yang telah diberi, dengan sumbangsih yang terbaik di bidang kita masing-masing. Indonesia rumah kita, kini esok dan nanti, maka apalah guna kita disini jika tidak memberi arti.

Merdeka 3x

Wass.Wr.Wb.

Tags: , , ,