Sambutan Wisuda XXXIII Pascasarjana XXI

Bismillah hirrochman nirrohiim

The Honorable Bapak Soekarwo, Governor of East Java and Head of Narotama’s Board of Trustees

The Admirable Bapak Bambang DH, Vice Major of Surabaya, and member of Narotama’s Board of Trustees

The Honorable Rector of Narotama University

The Honorable Mr. Adjie Sulastya, Head of IKATAMA

The Honorable Mr. Titis Arganto, General Director of PT. Global Indonesia

The Honorable Ms. Flora Stienne Director of Campus France Indonesia or the representation

And Beloved graduates and officials of Narotama University

Ass. Wr. Wb

Salam sejahtera

Puji dan syukur tercurah kehadirat Allah SWT atas segala berkah –Nya bagi kita sehingga kita dapatmerasakan khidmatnya wisuda ini.

Yayasan pawiyatan Gita Patria telah menyaksikan perkembangan Universitas Narotama yang  Alhamdulillah eskalasinya terlihat jelas. Hal ini mengisyaratkan more perfections to be made, menyempurnakan garis besar haluan universitas. Oleh karena itulah disusun skala prioritas dalam kerangka strategis institusi dalam menjawab tantangan-tantangan kedepan.

Yang pertama adalah pengembangan fisik Universitas Narotama yang tak terhindarkan seiring dengan meningkatnya pertumbuhan mahasiswa di lingkungan kampus. Sarana prasarana harus menjadi lebih akomodatif untuk kegiatan mahasiswa serta keperluan kampus. Hal ini diindikasikan dengan penambahan jumlah ruang kelas, asrama bagi mahasiswa, sarana transportasi kampus serta ruang bagi pengajar. Not merely a bigger room for everybody to occupy but also an incresing value of efficiency and usage of the room that has to be implemented. Tiap jengkal ruang yang ada harus bersifat multifungsi dengan desain yang efektif untuk mendorong penghargaan atas ranah dan kreatifitas spatial.

Selain pembangunan fisik, Universitas juga bertanggung jawab atas pengembangan moral dan spiritual mahasiswa, menciptakan insan unggul dan berbudi pekerti. Untuk itu Universitas Narotama telah mengincludekan character building bagi mahasiswa mulai dari kurikulum hingga training dan aktivitas di kelas.

Universitas Narotama memandang character building bagi generasi muda sebagai suatu hal yang urgent dan tak dapat ditawar lagi.

Hal ini sejalan pula dengan pentingnya merestore kembali value historical bangsa yang diwariskan turun temurun, namun seakan terkikis pada era masa kini. Institusi edukasi memegang tongkat estafet utama mengibarkan bendera perubahan.

Kedua, lebih memfokuskan pandangan pada pengembangan IT core system Universitas Narotama yang meliputi pengintegrasian fitur Akademis, Finansial, sipenjamu,SDM, Asset, Penelitian dan Pengabdian masyarakat, Relationship dan Marketing yang memberikan akses checking real time untuk dilanjutkan dengan fast response menjawab tantangan di lapangan. Tidak lagi ada delay dan gab  yang besar antara kejadian dan penanganan, menghasilkan previleging service bagi setiap member internal maupun eksternal Universitas Narotama.

Pengembangan SDM juga menjadi kunci perubahan penting  yang dapat diwujudkan melalui peningkatan produktivitas dosen sebagai tenaga peneliti dan pengabdian masyarakat, sebagai pelaksana proyek fisik dan pemberdayaan masyarakat, yang salah satunya dapat dicapai melalui peningkatan JAFA dosen yang saat ini semakin diperkuat oleh hadirnya klinik JAFA di Universitas Narotama. Selain itu, pengembangan SDM juga dilakukan dengan perluasan dan peningkatan pendidikan ke S3, Evaluasi kinerja berbasis on line, Training dan program sertifikasi keahlian serta penguasaan bahasa Inggris.

Yang tidak kalah penting, adalah pembudayaan dan penginternalisasian nilai luhur pro patria pada SDM Universitas Narotama. Pembudayaan ini dilakukan secara  kolektif dan menyeluruh di setiap kegiatan SDM dan pada operasional sehari-hari.

Human Resources are the main weapon to move forward. They implement the system on a daily basis operation, therefore their actions and words are becoming institution’s face handling the stake holders and customer. Having a good human resources do not mean only those who know what to do, but more importantly how to do it, remembering personal approach is custumized for each person and is the strongest power of influence.

Semua yang telah diterangkan diatas sesungguhnya adalah bagian besar sasaran institusi Universitas Narotama yang meliputi peningkatan seluruh elemen perguruan tinggi seperti pembenahan di tataran kebijakan, eskalasi mutu manajemen dan tata kelola akademik, pengembangan SDM, pembangunan sarana prasarana, pengintegrasian IT system, penggalakan kerjasama kelembagaan dalam dan luar negeri serta pengukuhan organisasi dan kemahasiswaan.

Narotama University has to conform itself to the growing market demand, which consequences is  development in the study major, to produce more specific skills with global values. Untuk itu Yayasan Pawiyatan Gita Patria bersama pihak Rektorat telah mencanangkan beberapa program studi baru yang dapat memfasilitasi kebutuhan pasar masa depan seperti jurusan desain produk, desain komunikasi visual, ilmu komunikasi dan lain-lain.

Pembenahan yang dilakukan di lingkup Universitas Narotama juga akan diimbangi dengan improvments di kalangan Yayasan, dengan wujud penyempurnaan susunan pengurus Yayasan untuk memberikan andil lebih besar pada kompleksitas upgrading mutu dan layanan Universitas Narotama dari masa ke masa.

The funding body and the university are united under the same spirit and goal. Each step taken is an implementation of both sides agreement on a certain purpose. The bonding is strong and the work created must be holistic, covering all segments with a continous trial, error reports and evaluation.

Kita sudah memegang banyak dalam genggaman, tapi ketahuilah bahwa jangka kita masih sangat kecil diantara ribuan, dan tak terlihat di angkasa. Life for an education institution is no different than a life of a man itself. It is an endless journey of learning.

Kiranya inilah yang dapat saya haturkan pada pergelaran wisuda Universitas Narotama yang sakral ini. Kata-kata hanya akan menjadi kata kosong kecuali jika kita memutuskan untuk menulis kata-kata tersebut dalam sejarah hidup kita, sejarah Universitas Narotama.

Wss. Wr. Wb